PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan sains adalah upaya para pendidik menggunakan hasil penelitian ilmiah dari para ilmuwan, untuk disesuaikan dengan perkembangan intelektual peserta didik. Pendidikan sains berisi teori – teori, hukum – hukum, dan segala aspek yang menyangkut pengetahuan di bidang alam. Oleh karena itu untuk mengajarkan ilmu sains diperlukan cara tersendiri agar ilmu tersebut mudah diajarkan oleh pendidik serta mudah pula untuk dipahami oleh peserta didik.
Seorang pendidik harus mengolah sedemikian rupa , materi-materi ilmiah yang ditemukan atau dikemukakan oleh para peneliti dalam bentuk eksplanasi ilmiah, menjadi penjelasan yang mudah diserap peserta didik dalam bentuk eksplanasi pedagogi.
Untuk mengajarkan ilmu pengetahuan, khususnya dalam konteks ini adalah ilmu penngetahuan alam (sains), pendidik dapat menggunakan banyak media. Salah satunya melalui buku pelajaran.
Buku pelajaran haruslah berisi materi yang mendalam sehingga memungkinkan siswa terbantu di dalam memecahkan masalah-masalah akademis yang dihadapinya. Misalnya, pada saat siswa mengerjakan tugas atau latihan, kedalaman pengerjaan atau pemecahan masalah terakomodasi oleh buku, baik disebabkan buku itu memuat hal yang diperlukan siswa atau adanya petunjuk untuk mendapatkan rujukan-rujukan yang memungkinkan masalah itu terpecahkan.
Sehingga, diperlukannya suatu intelektual untuk membangun sebuah buku teks yang memenuhi syaat di atas. Buku yang berbasis intelektual dapat amat berguna bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Makalah ini akan menjelaskan mengenai hal tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
a. Pengertian eksplanasi ilmiah dan eksplanasi Pedagogi
b. Fungsi atau kegunaan eksplanasi ilmiah dan eksplanasi pedagogi
c. Perbedaan eksplanasi ilmiah dan eksplanasi pedagogi
1.3 Tujuan
a. Dapat mengetahui pengertian eksplanasi ilmiah dan eksplanasi pedagogi
b. Dapat mengetahui fungsi atau kegunaan eksplanasi ilmiah dan eksplanasi pedagogi
c. Dapat mengetahui perbedaan eksplanasi ilmiah dan eksplanasi pedagogi
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Eksplanasi Ilmiah dan Eksplanasi Pedagogi
Eksplanasi, yaitu menjelaskan atau memberikan pemahaman tentang fenomena yang termasuk ke dalam ruang lingkup pembahasannya. Untuk diperlukan konsep-konsep, proposisi-proposisi mulai dari yang bercorak generalisasi empirik sampai dalil dan hukum-hukum yang mantap, data dan informasi mengenai hasil penelitian lapangan yang actual, baik dari lingkungan sendiri maupun dari lingkungan lain, serta informasi tentang masalah dan tantangan yang dihadapi. Dengan informasi yang lengkap dan akurat, komunikan akan memperoleh pemahaman dan wawasan yang baik dan akan dapat menafsirkan fenomena-fenomena yang dihadapi secara akurat. Penjelasan-penjelasan itu bisa disampaikan melalui berbagai media komunikasi.
Sains adalah hasil observasi atau penelitian yang terkoordinasi, terstruktur, dan sistematis terhadap peristiwa alam yang dilakukan oleh seorang saintis (ilmuwan). Hasil penelitian para ilmuwan biasanya dikomunikasikan dan didiskusikan diantara para ilmuwan yang menekuni bidang yang sama. Eksplanasi para ilmuwan ini disebut eksplanasi ilmiah. Jadi, eksplanasi ilmiah adalah eksplanasi yang disampaikan oleh para ilmuwan.
Pendidikan adalah ilmu terapan yang melibatkan psikologi, pedagogi dan sosiologi. Istilah pedagogue muncul pada zaman Yunani dan Romawi kuno, istilah ini diberikan pada seorang wanita yang bertugas mengasuh dan mendidik anak. Istilah ini kemudian diperluas untuk seseorang yang memiliki keahlian mengajar. Eksplanasi pedagogi adalah eksplanasi yang disampaikan oleh pendidik berupa hasil penelitian ilmiah para ilmuwan yang telah disesuaikan dengan perkembangan intelektual peserta didik.
2.2 Fungsi Eksplanasi Ilmiah dan Eksplanasi Pedagogi
Fungsi eksplanasi ilmiah adalah Sebagai sarana bagi para ilmuwan untuk mempublikasikan penemuannya. Ilmuwan dengan ekplanasi ilmiahnya mengkomunikasikan hasil temuannya pada rekan sejawat sesama ilmuwan, kemudian ia pun membuat sebuah subject matter (bisa berupa buku atau publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, makalah, dll). Subject matter inilah yang akan diajarkan kepada siswa di sekolah, agar subject matter ini mudah dipahami oleh siswa (accessible) dan mudah diajarkan oleh guru (teacheable), subject matter dengan ekplanasi ilmiah harus ditranfer terlebih dahulu menjadi ekplanasi pedagogi.
Fungsi eksplanasi pedagogi adalah mempermudah bagi peserta didik untuk memahami pengetahuan-pengetahuan yang bersifat ilmiah. Ada keistimewaan dalam penelitian pendidikan sains, keistimewaan ini dikarenakan pendidikan sains merupakan suatu ekplanasi pedagogi yang diberikan pengajar/penulis buku pelajaran kepada pembelajar berdasarkan kepada ekplanasi ilmiah para ilmuwan. Persoalan dalam pendidikan sains dan juga tugas dari guru/pembuat buku sains adalah bagaimana ekplanasi ilmiah para ilmuwan dapat dipahami dengan mudah oleh para siswa. Inilah yang acapkali jadi masalah, “konsep-konsep yang dikemukan ilmuwan terlalu abstrak sehingga siswa pun sulit memahaminya”.
Ekplanasi pedagogi menggabungkan ilmu pedagogi dan ilmu psikologi, sehingga subject matter sesuai dengan tingkat keterampilan berpikir siswa. Prasyarat utama yang harus diperhatikan oleh guru adalah ”ekplanasi pedagogi tidak bertentangan dengan ekplanasi ilmiah”. Jadi seorang guru harus menguasai materi yang diajarkan dengan baik melalui penyerapan terhadap materi yang dikemukakan oleh ilmuwan.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan sains adalah upaya mengajarkan/ membelajarkan sains di sekolah. Pendidikan sains ini secara epistimologi berada dalam wilayah pendidikan.
2.1 Perbedaan Eksplanasi Ilmiah dan Eksplanasi Pedagogi
No. | Hal | Eksplanasi Ilmiah | Eksplanasi Pedagogi |
1. | Subjek yang menyampaikan | Peneliti / Ilmuwan / Saintis | Pendidik |
2. | Paradigma yang digunakan | Paradigma positivistik. Paradigma ini memandang bahwa kebenaran diperoleh setelah hipotesis diverifikasi melalui eksperimen. | Paradigma naturalistik. Paradigma ini memandang bahwa kebenaran diperoleh melalui observasi atau penelitian terhadap fenomena di lapangan (studi lapangan). |
3. | Objek yang diteliti | Fenomena alam yang dipandang sebagai fragmen-fragmen yang dapat diisolasi dari lingkungannya. Yang diteliti disebut objek penelitian dan tidak ada saling ketergantungan | Persoalan manusia di masyarakat (termasuk komunitas pembelajaran di sekolah) yang bersifat mutltikausal dan kompleks. Yang diteliti disebut subyek penelitian bukan obyek penelitian. |
4. | Metode penelitian | Kuantitatif dengan eksperimen di laboratorium | Kuantitatif tidak selalu harus eksperimen atau kualitatif |
BAB. III
PENUTUP
Kesimpulan :
- Eksplanasi ilmiah berguna bagi para ilmuwan untuk menyampaikan hasil penelitiannya
- Terdapat keterkaitan antara eksplanasi ilmiah dan pedagogi, dimana eksplanasi pedagogi merupakan eksplanasi ilmiah yang telah diolah sehingga dapat diterima dengan mudah oleh para peserta didik.
Saran :
Demikian makalah ini, kami sadar bahwasahnya makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kami menerima kritik dan saran untuk kesempurnaan pembuatan makalah ke depan.
DAFTAR PUSTAKA
Sunarto, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta
Wikipedia. Intelektual, Online: http://ms.wikipedia.org/wiki/Intelektual, diakses
tanggal 6 Oktober 2012.
Wikipedia. Buku Teks Berbasis Intelektual, Online:
http://ms.wikipedia.org/wiki/Intelektual buku teks, diakses tanggal 6
Oktober 2012.
No comments:
Post a Comment